Senin, 04 Mei 2015

GT UBALOKA V KWARTIR CABANG KOTA MAGELANG TAHUN 2015



Salam Pramuka,

Magelang – Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega bersama Unit Bantu Pertolongan Pramuka (Ubaloka) Kota Magelang mengadakan Gladi Tangguh yang diikuti oleh 32 Peserta (anggota barunya), peserta yang berjumlah 32 orang tersebut merupakan peserta yang sudah melewati Seleksi yang dilaksanakan tanggal 18-19 April (18-19/4). Dan kegiatan ini GT Ubaloka V dimulai pada hari Minggu 26 April (26/4)  dan selesai Minggu 3 Mei (3/5) dengan materi pengenalan Dasar SAR. Kegiatan ini melibatkan tim Instruktur SAR Kota Magelang, BPBD Kabupaten Magelang, PMI Kota Magelang, dan Kwarcab Kota Magelang. 

Koordinator SAR Kota Magelang Aris Susilo mengatakan materi Gladi Tangguh meliputi Mountenering, Navigasi Darat (Navrat) dan Water Rescue, Teknik ESAR,Komunikasi SAR dan Survival. Penyampaian materi dilakuakan di beberapa tempat yakni materi Mountenering disampaikan di SMK Kesdam IV Diponegoro dan Tower Lapangan Rindam IV Diponegoro Magelang, Navigasi Darat di SMK Kesdam IV Diponegoro dan Hutan Bukit Tengis, Dumpoh Potrobangsan begitu pula dengan Komunikasi SAR, Teknik ESAR, pengenalan Water Rescue di Kolam Renang Tirta Kencana (Pisangan).

Materi Vertical Rescue peserta diajarkan bagaimana membuat simpul hingga cara membuat sistem yang digunakan untuk evakuasi korban. Materi kering dan praktiknya dilaksanakan di Tower Lapangan Rindam IV Diponegoro Magelang. Sedangkan Navigasi Darat diaplikasikan di Hutan Bukit Tengis.  Pengenalan Water Rescue diajarkan dan di aplikasikan di Kolam Renang Tirta Kencana (Pisangan). Peserta dibagi menjadi 7 kelompok. Masing masing kelompok diharuskan berenang dengan membawa korban.

Peserta mengaku sangat antusias mengikuti kegiatan Gladi tangguh ini. “Meskipun hujan mengguyur dan panas menyengat kami sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Tujuan kami bisa menambah pengetahuan dan skill (kemampuan) untuk melakukan pertolongan SAR terhadap orang yang membutuhkan, kata Restu Yudhi Prasetyo (16) Siswa Kelas 2 SMK Kesdam IV Diponegoro Kota Magelang asal Sleman, Yogyakarta (Tg/dkc).

0 comments:

Posting Komentar